Tips Merawat Alat Bangunan

Merawat Alat Bangunan adalah hal yang sangat penting karena perkakas ini akan tidak bertahan lama jika tidak dirawat secara baik dan benar. Bahkan dibiarkan atau tersimpan rapi tapi tidak dirawatpun akan rusak juga. Akan tetapi jika sudah dirawat tetap saja rusak. Mungkin cara merawat yang salah sehingga bisa membuatnya rusak pula.

Tips Merawat Alat Bangunan

Lalu bagaimana Tips merawat Alat Bangunan yang benar?

Tips merawat alat bangunan yang benar yaitu dengan cara:

  • Memilih jenis alat

Karena jika kita tidak tau jenis bahan atau kualitas alat yang akan kita rawat akan membuat kita salah merawat. Contohnya Geraji kayu yang biasa digunakan tetapi dibiarkan karena takut berkarat kalo kena air itu. Ya itu memang benar akan terkena berkarat jika kena air tapi dibiarkan diruang terbukapun bisa membuat geraji kayu yang sudah digunakan yang kotor bisa membuat geraji itu terlihat jelek dan bisa jadi akan berkarat pula. Jadi cara yang benar merawat geraji kayu yang benar yaitu ketika selesai menggunakan bisa dibersihkan dengan air dan keringkan dengan kain yang kering agar tidak tersisa air yang mengakibatkan karat pada besi geraji kayu tersebut.

  • Memilih tempat penyimpanan

Karena saat kita memilih tempat penyimpanan alat bangunan  yang salah akan berpengaruh juga dengan kondisi alat banguan kedepannya. Contohnya kita imenyimpan sekop di bawah meja karena tidak mungkin bisa sekop disimpan dilaci meja ataupun disimpan diatas meja. Memang terliaht biasa tetapi sebenarnya akan berpengaruh kepada kualitasnya karena sekop yang biasa berbahan kayu dan besi ini akan jadi tujuan rayap hinggap yang akan mengakibatkan cepat rapuh/ lapuk alat ini.

Memilih tempat penyimpan

  • Memilih bahan yang bagus

Ya karena jika kita membeli barang apapun tetapi bahannya tidak bagus percuma juga dirawat dengan sebaik mungkin. karena alat yang kita pilih tidak memiliki bahan bahan baku yang berkualitas baik. Contohnya : Saat kita memilih Geraji kayu tanpa memilih kualitas bahan yaitu seperti mencari besi yang stainless akan mudah berkarat dan jika kita tidak pula mencari kayu yang jati akan cepat lapuk termakan waktu.

  •  Pisahkan alat bangunan sesuai ukuranya.

Saat ingin merawat alat dengan cara menyimpan perlu diperhatikan ukurannya agar tidak bertumpuk tumpuk dan tak tertata rapi karena perkakas yang tertumpuk akan mengakibatkan kerusakan. Contohnya meteran yang tidak dipisahkan dengan alat banguan lain seperti paku dan geraji kayu akan membuat si meran rusak karena kemasukan paku atau bisa juga sobek karena kena geraji kayu.

  • Mempergunakan sesuai fungsinya

Menggunakan peralatan sesuai fungsinya juga merupakan salah satu cara merawat karena jikalau tidak digunakan sesuai fungsinya akan mengakibatkan alat rusak karena harus melakukan fungsi diatas tugasnya. Contohnya : Geraji mesin yang biasanya digunakan untuk memotong kayu tetapi malah digunakan untuk memotong tiang, besi dan lain lain yang dapat mengakibatkan geraji mesin ini akan rusak sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Jadi itulah sedikit tips cara merawat alat bagunan yang bisa diberikan. Adapun sebenarnya manfaat yaitu membuat alat bangunan lebih terjaga kualitasnya,kondisinya bahkan umur jangka panjangnya. Dan juga bisa membuat kita semakin mudah jikalau ingin menggunakan lagi karena sudah terawat dan tertata rapi. Sebenarnya banyak cara yang bisa diterapkan dalam merawat alat bangun selain penjelasan diatas untuk mengetahui detailnya silahkan baca disini.