Sudah Paham SEO? Yuk Selami Dunianya Terlebih Dahulu

Banyak jasa ahli SEO yang mulai bertumbuh. Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata SEO? Bila yang muncul pertama kali adalah Google, maka informasi yang Anda dapatkan masih kurang. Karena sebenarnya, Anda dapat menemukan banyak mesin pencari lainnya di internet selain Google, misalnya Bing, Baidu, dan Yahoo. Berbicara tentang mesin pencari, pertama kali dikenalkan sekitar era pertengahan 90-an. Pada saat itu, optimasi yang dilakukan terhadap mesin pencari ini tumbuh bersamaan dengan kehadiran internet, mulai dari Gopher, Archie, Eexicet, ataupun ALIWEB. Bila Anda tak pernah mendengarnya, hal ini wajar karena mesin pencarian tersebut sudah tidak ada, digantikan dengan mesin pencari Google yang berkembang besar pada era sekarang ini.

Yuk Selami Dunianya Terlebih Dahulu

Danny Sullivan, seorang co-founder situs terkenal bernama Search Engine Land, mengatakan bahwa frasa Search Engine Optimization (SEO) diperkenalkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Bruce Clay. Bruce Clay merupakan perusahaan bergerak pada bidang optimasi internet pada tahun 1997. Kehadiran mesin pencari ini membuat kita sebagai pengguna internet dapat dengan mudah mencari segala hal yang kita inginkan, mulai dari mencari ilmu tambahan, resep makanan, bahkan semua pertanyaan yang mungkin saja muncul pada benak Anda, termasuk pengertian SEO.

Kini, dengan munculnya jasa SEO, berikut kelebihannya, setiap pemilik website seakan berlomba-lomba dalam mengunggah konten yang unik dan menjadi acuan para pengguna dalam mencari informasi yang ingin mereka dapatkan. Dengan demikian, merupakan sebuah keuntungan bagi keduabelah pihak. Bagi pemilik website atau blog, mereka dapat mendapatkan keuntungan dari adanya google adsense, yang dipengaruhi oleh kunjungan pengguna. Dan bagi pengguna, mereka dapat mengakses informasi yang mereka inginkan melalui website/blog tersebut.

Lalu Apa Sesungguhnya SEO Itu?

Dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai pengoptimalan mesin pencari. SEO merupakan serangkaian proses yang disusun secara sistematis dengan tujuan tertentu. Meski demikian, sesuai dengan namanya, SEO memiliki tujuan untuk menaikkan trafik kunjungan melalui mesin pencari. Caranya yaitu dengan menggunakan kata kunci atau keywords tertentu. Misalnya “Cara Membuat Kue Nastar”, “Cara Install Blogspot”, dan lain sebagainya. Pemilihan kata kunci ini tentunya harus yang mampu masuk ke dalam 10 besar pencarian pertama oleh Google.

Prinsip dasarnya, apabila sebuah website sudah memiliki posisi yang baik, maka akan semakin besar trafik yang didapatkannya. Apabila berada pada halaman pertama mesin pencarian Google, maka hal ini dikatakan baik. Oleh sebab itu, ketika sebuah website memiliki trafik yang sangat besar, tugas selanjutnya adalah menentukan keywords yang sesuai. Hal ini dapat dilakukan melalui riset. Sebab Google menyediakan beragam kata kunci yang sedang ngetren atau cocok Anda gunakan sebagai pemilik website.

Sebenarnya, mempelajari SEO dapat dikatakan susah-susah mudah. Bagi Anda yang sedang mengembangkan blog, ada beragam situs yang menyajikan informasi mengenai SEO, termasuk cara mengelolanya. Anda dapat mencarinya juga melalui mesin pencarian Google. Namun, bila Anda adalah pemilik startup atay brand yang sudah lumayan besar dan memiliki keinginan untuk menggunakan SEO, maka Anda dapat mencari jasa ahli SEO yang berkempeten. Hal ini agar produk yang Anda sedang kembangkan dapat menjadi lebih dikenal oleh masayarakat luas.

SEO menjadi satu tantangan besar bagi Anda dalam memasarkan produk atau konten adalah kemampuan Anda dalam memastikan konten tersebut dapat dikonsumsi oleh pengunjung. Maka dari itu, keberadaan SEO dalam dunia digital marketing sangat berpengaruh. Semakin website/blog Anda berada pada posisi teratas di laman mesin pencarian Google, maka dapat dikatakan aman.