Mengenal Vinyl Lantai Lebih Jauh

mengenal-vinyl-lantai-lebih-jauh

Vinyl lantai kini tersedia dalam jenis lembaran atau papan, yang tak seperti pelapis lantai pada umumnya. Vinyl adalah salah satu jenis pelapis lantai dengan harga relative lebih murah dan terjangkau daripada pelapis lantai lainnya. Pelapis lantai tersebut bersifat elastis atau tidak kaku dan fleksibel yang bisa diterapkan dalam ruangan manapun. Selain itu, lantai tersebut bahkan telah diterapkan pada luar ruangan.

Sekarang ini, vinyl sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas sebagai pilihan penutup lantai yang sangat mudah dalam proses pemasangan dan perawatannya. Pelapis lantai ini biasanya terbuat dari bahan PVC (polyvinyl chloride) atau karet yang mempunyai kelenturan yang baik. Saat ini vinyl lantai telah banyak diterapkan di rumah-rumah, apartemen ataupun perkantoran.

Nah, berikut ini beberapa jenis lantai vinyl yang harus anda ketahui, antara lain :

  1. Lantai vinyl roll

Jenis pelapis lantai ini berbentuk seperti karpet maka dari itu pelapis lantai tersebut dinamakan  juga dengan sebutan vinyl karpet.

 

  1. Lantai vinyl plank

Berbentuk berupa lembaran yang tampak seperti parket.

 

  1. Lantai vinyl tile

Bentuknya hampir mirip seperti ubin dengan banyak motif.

Vinyl lantai pada umumnya memiliki ukuran lebar antara 15-20 mm, dan memiliki panjang sekitar 900-1000 mm, yang hampir sama ialah mempunyai ketebalan sekitar 3 mm. Sementara itu, vinyl lantai yang berbentuk roll memiliki ukuran lebar sekitar 1.83 m dan mempunyai ketebalan Cuma 1.5. Jadi untuk lantai vinyl tipe roll lebih tipis ketimbang jenis lainnya.

 

Kelebihan Lantai Vinyl

Vinyl lantai  tersebut termasuk jenis bahan pelapis lantai dimana dapat dimanfaatkan untuk melapisi lantai yang sudah ada seperti lantai beton, lantai papan, dan lantai keramik. Dalam pemasangannya bisa menggunakan lem sebagai perekatnya agar kuat dan tepasang dengan rapi.

Selain itu, vinyl lantai merupakan jenis lantai yang lunak, dimana lantai tersebut sangat mudah tergores. Dengan gesekan dari apapun tentu akan membuat permukaan lantai itu tampak kusam dan kurang menarik. Jadi untuk melindungi lantai vinyl tersebut tambahkanlah sebuah pelapis yang keras atau anti gores yang cukup lentur. Dengan demikian lantai vinyl tentu akan lebih aman dan tahan lama.

 

Berikut ini beberapa kelebihan lantai vinyl, antara lain :

  1. Memiliki sifat elastis yang bagus, sehingga membuat pelapis lantai tersebut tidak mudah patah meskipun dilipat dan aman jika menopang beban diatas lantai.
  2. Memiliki sebuah lapisan yang tahan terhadap air dibanding jenis lantai kayu lainnya.
  3. Pada permukaan lanrtai vinyl didesain agar bisa menahan debu dengan baik sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.
  4. Vinyl lantai tahan terhadap suhu ruangan panas.
  5. Terbuat dari PVC sehingga bebas dari serangan rayap ataupun sejenisnya.

Silahkan buka laman web greenfloor.co.id. Disana anda akan menemukan berbagai artikel menarik seputar vinyl. Selain itu anda juga bisa membeli produk vinyl unggulan yang sulit untuk anda temui di toko – toko lain.