Mengenal Lebih Dekat Teknik Cetak Flexografi

Tali-lanyard.com – Dalam dunia percetakan pastinya sudah tidak asing lagi dengan teknik flexografi, bukan? Teknik flexografi merupakan salah satu teknik cetak yang pada saat ini diminati karena menawarkan banyak sekali keunggulan dan juga tergolong dalam sebuah jenis cetak yang tinggi. Bagi anda yang saat ini ingin berkarir dalam cetak mencetak seperti ini, sebaiknya harus paham betul mengenai teknik cetak termasuk salah satunya adalah teknik cetak flexografi sehingga anda bisa memberikan pelayanan tebaik bagi pelanggan dengan hasil cetak yang anda buat. Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak penjelasan berikut ini ya.

Mengenal Lebih Dekat Teknik Cetak Flexografi

Mengenal Lebih Dekat Teknik Cetak Flexografi

Yang perlu anda ketahui bahwa ada berbagai macam jenis dan teknik mencetak yang saat ini banyak sekali berkembang. Salah satunya adalah bernama teknik cetak Flexografi. Mungkin bagi sebagian orang awam masih banyak yang belum tahu mengenai teknik cetak yang satu ini, bukan? Perlu anda ketahui bahwa teknik cetak Flexografi adalah jenis teknik cetak yang menggunakan pelat sebagai acuan. Dimana pelat tersebut dibuat dari bahan karet dan juga bahan yang sangat fleksibel

Penerapan teknik cetak ini bisa dilihat dari proses penyetempelam dimana pada.saag itu permukaan tulisan pada bagian.kareg terletak lebih tinggi dibandingkan dengan media kosong.

Penerapan teknik cetak flexografi ini bisa terlihat pada proses penyetempelan. Dimana pada saat menyetempelan tersebut permukaan tulisan pada karet terletak lebih tinggi dibandingkan media kosongnya. Saat setempel ditekan pada bak tinta akan mengalami perpindahan tinta dari bak tinta menuju ke stempel. Kemudian ketika stempel di tekan akan menghasilkan cetakan pada kertas yang hasilnya sesuai dengan tulisan yang terdapat pada karet. Teknik ini biasanya digunakan pada gantungan ID card.

4 Komponen Dalam Cetak Flexografi

Dalam sebuah proses pengerjaan, tenik cetak Flexografi pada gantungan ID card melibatkan setidaknya 4 komponen. Dimana setiap.komponen mempunyai peranan yang penting. 4 komponen tersebut, antara lain Fountail.Roll, Anilox Roll, Plate Cylinder dan Impresion Cylinder.

Biasanya di dalam satu rangkaian terdiri atas 4 komponen tersebut dan menjadi satu unit priting. Satu unit promyimh ini hanya akan menghasilkan 1 jenis warna saja sehingga semakin banyak warna yang diinginkan tentu saja  semakin banyak pula unit printingnya.