Wajib Tahu! Ini Loh 4 Jenis Sistem Roller Blind

Sebagai gorden yang praktis dan cocok digunakan di segala tempat, tirai blind memiliki banyak perbedaan dibanding jenis lainnya. Salah satunya adalah sistem yang digunakan untuk membuka atau menutup tirai dengan alat tertentu. Untuk mempermudah mengaplikasikan nya, ada beberapa sistem yang berbeda-beda dari roller blind dengan segala kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan.

Jenis Sistem Roller Blind

4 Jenis Sistem Tirai Blind

Walaupun secara umum tampilan tirai modern ini memiliki kesamaan dari roll yang digunakan, namun antara yang satu dengan lainnya memiliki sistem masing-masing. Semua diciptakan sebagai bentuk penyempurna dari sistem sebelumnya yang memiliki beberapa kekurangan, 4 sistem tersebut adalah :

1. Sistem Chain atau Rantai

Sistem Chain

Sistem ini adalah yang paling sederhana dan umum digunakan karena harganya yang masih sangat terjangkau. Cara penggunaan roller blind ini masih sangat manual namun tetap tergolong praktis, yakni ditarik dengan tekanan tertentu, dan secara otomatis tirai akan membuka sesuai besarnya tarikan.

Walaupun manual, namun roller dengan sistem rantai cukup menarik digunakan, khususnya pada jendela yang ada di area rumah. Hal ini disebabkan karena rantai yang digunakan memiliki nilai estetika tersendiri dengan pilihan warna dan bentuknya yang khas sebagai aksesoris.

2. One Touch Self Released

One Touch Self Released

Sesuai namanya, sistem tirai blind yang satu ini hanya membutuhkan sekali sentuhan untuk digerakkan membuka ataupun menutup. Penggunaannya memanfaatkan rantai yang tergulung, namun tidak perlu di tarik ulur secara manual, melainkan hanya sekali tarikan atau sentuhan saja.

Selain lebih praktis, tirai yang menggunakan sistem one touch ini juga tidak mengubah bentuk dasar roller yang pada awalnya memang menggunakan rantai. Bagi anda yang suka dengan tampilan rantai pada tirai blind, namun tetap mendambakan tirai yang praktis, maka tirai dengan sistem ini patut dijadikan pilihan.

3. Spring Flexy Stop

Spring Flexy Stop

Sistem yang ke tiga ini, mulai banyak diminati oleh pembeli karena proses membuka dan menutup tirai dilakukan dengan sangat praktis dan cepat. Berbeda dengan sistem sebelumnya yang memanfaatkan rantai dengan bentuk terlihat jelas, maka spring flexy stop hanya menggunakan bandul yang terlihat sedikit di tengah tirai.

Cara membukanya cukup dengan “mengejutkan” bandul menggunakan sedikit tarikan, maka tirai blind langsung terbuka otomatis secara sempurna. Sistem ini sangat praktis karena tidak perlu memakan banyak waktu dan tenaga untuk menggunakan, sehingga seringkali digunakan pada ruangan kantor yang diisi oleh orang-orang sibuk.

4. Motorized System

Motorized System

Sistem terakhir yang paling baru dan masih asing di masyarakat adalah dengan menggunakan alat kecil berupa remote atau motorized system.  Secara umum, proses membuka dan menutup tirai blind masih sama dengan jenis lainnya, yakni menggunakan roll yang menggulung bagian tirai untuk membuka jendela.

Namun, pada sistem remote, pengguna tidak peru bersentuhan langsung dengan tirai untuk membuka ataupun menutupnya kembali. Cukup menekan tombol pada remote control yang diarahkan pada tirai, maka secara otomatis akan terbuka dan tertutup sesuai keinginan. Sistem remote ini masih sangat jarang digunakan, kalaupun ada biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan yang modern untuk diaplikasikan pada jendela kantor demi mempercepat kerja karyawan.

Dengan banyaknya sistem tirai blind, anda bisa memilih sistem mana yang paling cocok untuk kebutuhan anda sehari-hari baik di rumah atau kantor. Tidak harus memilih tirai yang mahal dengan sistem yang paling canggih, jika anda masih memiliki banyak waktu dan tenaga untuk mengaplikasikan nya secara manual. Hal terpenting dalam memilih roller blind murah adalah kualitasnya. Walaupun menggunakan sistem yang canggih, namun tidak berkualitas tentu akan merugikan anda karena mudah rusak.