9 Inspirasi Daun Jendela Untuk Rumahmu!

Berbagai komponen yang menyusun sebuah rumah wajib diperhatikan dalam membangunnya. Komponen-komponen tersebut harus direncanakan sedari awal, mulai dari tahap pembangunan hingga rumah selesai dibangun dan ditempati. Perencanaan dapat dimulai dari hal-hal tertentu yang ingin difokuskan terlebih dahulu agar setiap rencana dapat maksimal. Misalnya, dalam pembangunan sebuah rumah, ada dua hal yang cukup vital berperan dalam operasionalny nanti, yaitu pintu dan jendela.

9 Inspirasi Daun Jendela Untuk Rumahmu!

Sliding Window dan Sliding Door Aluminium Jadi Pilihan

Jendela sendiri terdiri atas dua komponen, yaitu kusen dan daun jendela. Kusen adalah rangka pada jendela yang memiliki fungsi sebagai tempat daun jendela. Oleh karena itu, kusen harus kuat. Sedangkan daun jendela adalah rangkaian yang ditempatkan pada kusen dilengkapi dengan engsel. Material yang digunakan pada daun jendela maupun kusen bermacam-macam. Material yang sering digunakan untuk kusen adalah kayu dan aluminium. Akan tetapi, masih ada material lainnya yang digunakan, disesuaikan dengan kebutuhan. Begitu pula untuk komponen seperti pintu. Misalnya, sliding door aluminium dipilih karena bahan dan modelnya sesuai dengan karakter rumah yang ingin dibangun.

Jendela rumah merupakan salah satu komponen terpenting karena fungsi fisik dan estetiknya. Selain berfungsi untuk menentukan sirkulasi udara, estetika pun tidak boleh dikesampingkan. Oleh karena itu, bentuk dari daun jendela perlu diperhatikan dengan benar. Setidaknya terdapat 9 jenis bentuk daun jendela yang dapat dijadikan inspirasi untuk rumah, yaitu jendela geser atas, jendela geser samping, jendela ayun samping, jendela ayun atas, jendela mati, ventilasi atas, jendela lengkung, jendela putar, dan jalusi. Bentuk-bentuk tersebut memiliki kecocokan dengan material-material tertentu. Untuk itu, selain fungsi dan estetika, perencana tidak boleh melupakan jenis bahan yang akan digunakan untuk mengeksekusi bentuk-bentuk jendela yang telah dipilih.

Pertimbangan-pertimbangan di atas juga berlaku untuk pintu. Pada dasarnya, pintu juga memiliki bentuk-bentuk yang berbeda sebagaimana jendela. Salah satu bentuk yang cukup mirip antara jendela dan pintu adalah sliding conceptSliding window dan sliding door umumnya memiliki peminat yang cukup tinggi. Selain karena praktis, secara estetik keduanya dianggap lebih baik dibanding bentuk lain. Untuk kategori pintu, sliding door aluminium saat ini  paling diminati karena kesesuaiannya dengan bentuk serta desain yang modern dan minimalis dari intiptrik.com